Pancasila – BAB 2 Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Pancasila – BAB 2 Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

 
Rabu, 01 Oktober 2014

Pancasila – BAB 2 Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

0 komentar
Pengertian Filsafat


Filsafat dalam Bahasa Inggris yaitu philosophy, adapun istilah filsafat berasal dari Bahasa Yunani yaitu philosophia, yang terdiri atas dua kata yaitu philos (cinta) atau philia(persahabatan, tertarik kepada) dan sophos (hikmah, kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, intelegensi). Jadi secara etimologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran (love of wisdom). Orangnya disebut filosof yang dalam bahasa Arab disebutfailasuf.

Menurut Roeslan Abdoelgani (1962), menyatakan bahwa pancasila adalah filsafat Negara yang lahir sebagai collection ideologies dari keseluruhan bangsa Indonesia. Filsafat Pancasial pada hakikatnya merupakan suatu realiteit atau noodzakelijkheid bagi keutuhan persatuan Bangsa Indonesia.

Filsafat Negara kita adalah Pancasila, yang diakui dan diterima oleh Bangsa Indonesia sebagai pandangan hidup. Dengan demikian, Pancasila harus dijadikan pedoman dalam kelakuan dan pergaulan sehari-hari. Sebagai pandangan hidup bangsa, maka sewajarnyalah asas-asas pancasila disampaikan kepada generasi baru melaluai pengajaran dan pendidikan. Pancasila menunjukan terjadinya proses ilmu pengetahuan. Validitas, dan hakikat ilmu pengetahuan (teori ilmu pengetahuan).
 Lanjutkan Baca
http://sh.st/ybQxc
Pancasila – BAB 3 Pancasila Sebagai Sistem Etika Next>>
Terima kasih sudah membaca artikel dan mengunduh berkas di banua berbagi,semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BanuaBerbagi
 
Banua Berbagi © 2014 | Thanks To Mbt | Redesign By War3x | IP ANDA